PENGARUH SELF REGULATION LEARNING REMAJA PENCINT K-POP TERHADAP ACHIEVEMENT MOTIVATION di SMPK KARITAS 2
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Self Regulation Learning Anak Remaja Pencinta K-Pop terhadap Achievement Motivation. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengangkat variabel bebas dan variabel terikat yaitu Self Regulation Learning (X) terhadap Achievement Motivation (Y), yang bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Self Regulation Learning Anak Remaja Pencinta K-Pop Terhadap Achievement Motivation di SMPK Karitas 2.
Menurut analisa yang telah dilakukan pada tabel-tabel diatas, nilai R sebesar 0.725 menunjukkan korelasi yang kuat antara variabel X (Self Regulation Learning) dan variabel Y (Achievement Motivation). Nilai R Square adalah 0.526, yang berarti 52.6% mengindikasikan bahwa regulasi diri yang baik dalam belajar akan mendorong motivasi berprestasi yang tinggi pada siswa. Dengan kata lain, siswa yang mampu mengatur dan mengendalikan proses belajarnya sendiri cenderung memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih prestasi akademik. Berdasarkan dari rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penelitian yang berjudul Pengaruh Self Regulation Learning Anak Remaja Pecinta K-Pop terhadap Achievement Motivation di SMPK Karitas 2 Surabaya.
Kata kunci: self regulation learning, achievement motivation