HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP AIR MINERAL MEREK X DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA WARGA RT. 1 PERUMAHAN GUNUNG SARI INDAH SURABAYA
Abstract
Pilihan atau keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama : motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap (Kotler & Amstrong, 2004). Penelitian ini mengangkat judul hubungan persepsi terhadap air mineral merek x dengan keputusan membeli pada warga RT. 1 Perumahan Gunung Sari Indah Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi dengan keputusan membeli. Populasi dalam penelitian ini adalah warga RT.1 Perumahan Gunung Sari Indah Surabaya jumlahnya 51 kepala keluarga dan sekaligus dijadikan sampel penelitian. Data yang diambil menggunakan metode angket dengan jumlah item untuk variabel persepsi terhadap air mineral merek x 40 item dan jumlah item untuk variabel keputusan membeli 36 item. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh rxy = 0,682 dengan p = 0,000 ( p < 0,05 ) maka ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap air mineral merek x dengan keputusan membeli pada warga RT. 1 Perumahan Gunung Sari Indah Surabaya. Kata kunci : Persepsi, Keputusan membeli