HUBUNGAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN NON – AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SONY SUGEMA COLLEGE (LBB SSC) SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara minat mengikuti kegiatan non-akademik dengan motivasi belajar pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas di Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (LBB SSC) Surabaya. Motivasi belajar yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang diungkapkan oleh Sardiman yaitu usaha yang tekun, menunjukan ketertarikan, senang mengikuti pelajaran, selalu memperhatikan pelajaran, semangat dalam mengikuti pelajaran, mengajukan pertanyaan, senang memecahkan masalah soal-soal, yang ditandai oleh enam indikator tekun, ketertarikan, senang, memperhatikan, semangat, memecahkan. Sedangkan Minat dalam penelitian ini mengacu pada teori yang diungkap oleh Syaiful Bahri Djamarah yaitu adanya perasaan senang, pernyataan lebih menyukai dari pada yang lain, adanya rasa ketertarikan, adanya peningkatan perhatian, adanya pemusatan perhatian, adanya aktivitas serta keterlibatan secara aktif pada kegiatan tersebut yang merupakan akibat dari rasa senang dan perhatian yang ditandai dengan lima indicator senang, menyukai, ketertarikan, peningkatan dan pemusatan perhatian, dan keterlibatan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Sekolah Menengah Atas di Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (LBB SSC) Surabaya, dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Alat penggumpul data yang digunakan adalah kuesioner berupa skala motivasi belajar (15 aitem valid) dan skala minat mengikuti kegiatan non-akademik (15 aitem valid). Reliabilitas skala motivasi belajar (r) adalah 0.898 sedangkan reliabilitas untuk skala minat mengikuti kegiatan non-akademik (r) adalah 0.892. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik dengan teknik uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh koefisien korelasi antara dua variabel tersebut adalah 0.571 dengan taraf signifikansi 0.000. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara minat mengikuti kegiatan non-akademik dengan motiasi belajar pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas di Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (LBB SSC) Surabaya. Kata Kunci: motivasi belajar, minat, kegiatan non-akademik