PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN KOMITMEN PADA ORGANISASI TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT DAN KLINIK KESEHATAN DI LINGKUNGAN PT NUSANTARA SEBELAS MEDIKA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan komitmen pada organisasi terhadap mutu pelayanan di RSU/Klinik Kesehatan lingkungan PT Nusantara Sebelas Medika (PT NSM), Surabaya. Data penelitian dikumpulkan dengan metode survei, dan alat ukur yang digunakan adalah skala Kecerdasan Emosi, skala Komitmen pada Organisasi dan skala Mutu Pelayanan. Penelitian dilakukan di RSU Djatiroto Kab. Lumajang, RSU Elizabeth Kab. Situbondo, RSU Wonolangan di Kab. Probolinggo dan Klinik Kesehatan Welas Asih Medika Surabaya, dengan subyek penelitian karyawan semua bagian dan semua strata berjumlah 100 orang. Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi berganda bantuan program statistik SPSS 22,0. Hasilnya berdasar uji t menunjukkan hipotesis 1 diterima yakni Kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan, dan hipotesis 2 diterima yakni Komitmen pada Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pelayanan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan sumbangan pengaruh Kecerdasan Emosi dan Komitmen pada Organisasi sebesar 31,1%, sisanya sebesar 68,9% dijelaskan variabel lain, misalnya : gaya kepemimpinan, kepuasan kerja, motivasi kerja, budaya organisasi, dan lain-lain. Kata kunci : Kecerdasan Emosi, Komitmen pada Organisasi dan Mutu Pelayanan