PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM HAL BELAJAR MEMBACA ANTARA ANAK LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK BELIA SURABAYA

  • Hayani Hayani Fakultas Psikologi Universitas 45 Surabaya

Abstract

Membaca merupakan salah satu di antara empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh setiap individu. Melihat pentingnya kemampuan membaca dalam kehidupan manusia, khususnya pada proses pembelajaran, dalam sistem pendidikan di Indonesia maka pelajaran membaca mulai diajarkan pada pendidikan prasekolah di Taman Kanak-kanak. Pelajaran membaca bagi anakanak TK merupakan pelajaran yang sering menimbulkan kecemasan dalam proses pembelajaran. Anak TK yang merasa cemas dalam menghadapi tugas belajar cenderung menunjukkan perilaku tidak tenang, gelisah bahkan "mogok" untuk melakukan sesuatu, dan hal ditunjukkan oleh semua murid TK. Dalam konteks perbedaan kecemasan antara anak laki-laki dan perempuan dalam tugas belajar membaca, tampaknya juga ada perbedaan, terutama bila tugas membaca permulaan dianggap sebagai tugas belajar yang sulit maka anak perempuan lebih nyata menunjukkan perasaan cemas, sebaliknya anak laki-laki lebih mengeskpresikan perasaan cemas pada perilaku kompensatoris seperti ramai, mencari alasan, tidak bisa duduk diam dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan dalam hal belajar membaca antara anak laki-laki dengan perempuan di taman kanak-kanak Belia Surabaya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 orang siswa laki-laki dan 30 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kecemasan anak dan data dokumentasi sekolah. Hasil analisis data yang dilakukan dengan uji–t diperoleh nilai uji-t = 2 0,360 db = 58, peluang ralat p = 0,720 (p>0,05) dan dengan perbedaan nilai rerata (mean) sebesar 1,2667. Hal ini berarti tidak ada perbedaan tingkat kecemasan dalam hal membaca, yang signifikan antara siswa TK laki-laki dan siswa TK perempuan. Kata kunci : Taman kanak-kanak, Belajar membaca, Kecemasan Anak, Jenis Kelamin

Published
Aug 29, 2021
How to Cite
HAYANI, Hayani. PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM HAL BELAJAR MEMBACA ANTARA ANAK LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK BELIA SURABAYA. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 3, n. 2, aug. 2021. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/130>. Date accessed: 09 sep. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>