PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SD.Kr BAPTIS PENGHARAPAN SURABAYA

  • Ivana Febrinanda Pratiwi Fakultas Psikologi Universitas 45 Surabaya
  • Hayani Hayani
  • Fahyuni Baharuddin
  • Prakrisno Satrio Fakultas Psikologi Universitas 45 Surabaya

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa SD.Kr.Baptis Pengharapan Surabaya. Penggunaan gadget mengacu pada dorongan batin untuk menggunakan dan memanfaatkan media gadget sesuai kebutuhan agar aktivitas sehari-hari lebih fleksibel, efisien, dan berkualitas. Sedangkan kemampuan interaksi sosial merujuk pada keterhubungan antar individu, kelompok, dan komunintas di masyarakat untuk saling mempengaruhi seuai masing kepentingan dan kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas satu sampai kelas enam dan berumur 7 sampai 12 tahun sebanyak 67 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan skala ukur penggunaan gadget dan skala kemampuan interaksi sosial. Hipotesis diuji dengan teknik analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada pengaruh antara penggunaan gadget dan kemampuan interaksi sosial. Hasil nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh sebesar 0,244 dengan taraf nilai signifikansi sebesar 0,000


 


Kata Kunci: penggunaan gadget, kemampuan interaksi sosial

Published
Dec 1, 2024
How to Cite
PRATIWI, Ivana Febrinanda et al. PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SD.Kr BAPTIS PENGHARAPAN SURABAYA. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 47 - 54, dec. 2024. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/557>. Date accessed: 31 july 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30640/humanistik'45.v12i2.557.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>