PENGARUH METODE BERCERITA TEMA “ADIT ANAK MANDIRI” TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN (SELF RELIANCE) ANAK USIA DINI

  • Hayani Hayani Fakultas Psikologi Universitas 45 Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemandirian anak usia dini. Variabel bebas dalam penelitian adalah metode bercerita “Adit Anak Mandiri” sedangkan variabel terikatnya adalah kemandirian anak usia dini. Jumlah total responden pada penelitian adalah 19 anak usia dini dengan rentang usia 4 – 5 tahun. Bentuk kemandirian yang diukur adalah kemampuan mengambil keputusan, kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah uji Wilcoxon Signed Rank-Test untuk mengetahui perbedaan kemandirian anak usia dini sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bercerita “Adit Anak Mandiri”. Sampel pada penelitian ini merupakan anak yang perkembangan kemandiriannya masih kurang. Proses pemilihan subjek dengan cara observasi dengan guru yang mengajar di TK A. Variabel dependen yang ada dalam penelitian ini adalah kemandirian anak usia dini. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu metode bercerita dengan tema “Adit Anak Mandiri”. Hasil analisis hitung dengan menggunakan IBM SPSS 21 dengan teknik analisis Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh Z = -3,825b dengan p/sig = 0,000 (p<0,01) menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap peningkatan kemandirian anak usia dini. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis “Metode bercerita “Adit Anak Mandiri” dapat meningkatkan kemandirian anak usia dini” dapat diterima. Kata kunci : Metode bercerita, Kemandirian.

Published
Sep 11, 2021
How to Cite
HAYANI, Hayani. PENGARUH METODE BERCERITA TEMA “ADIT ANAK MANDIRI” TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN (SELF RELIANCE) ANAK USIA DINI. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 6, n. 2, sep. 2021. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/161>. Date accessed: 09 sep. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>