PENERAPAN PROCESS APPROACH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN RECOUNT TEXT DI KELAS X AKL 1 SMK NEGERI 1 CEPU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini diadakan adalah untuk mengetahui apakah Process Approach dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis peserta didik dalam pembelajaran Recount Text di kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Cepu semester genap tahun pelajaran 201272018. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Cepu kelas X AKL 1 yang terdapat 36 peserta didik terdiri atas 2 laki-laki dan 34 perempuan. Penelitian ini dimulai pada bulan Januari hingga April 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Langkah-langkah yang diambil dalam setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian adalah: 1) Minat menulis peserta didik meningkat. Hal tersebut bisa terlihat dari indikator minat hasil kuisener, wawancara dan observasi yang sudah dianalisa. Sebelum tindakan, perhatian peserta didik hanya 28%, kesenangan peserta didik 20% dan harapan bisa menulis peserta didik 20%. Setelah siklus 1, perhatian peserta didik menjadi 68%, kesenangan peserta didik 48% dan harapan bisa menulis peserta didik 72%. Pada siklus 2, perhatian peserta didik menjadi 100%, kesenangan peserta didik 96% dan harapan bisa menulis peserta didik 96%, 2) kemampuan menulis peserta didik meningkat. Hal itu dapat diketahui dari a) ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan, siklus 1 dan siklus 2. Ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan adalah 38.9%, siklus 1 adalah 75% dan siklus 2 adalah 91.67% dan b) skor ratarata peserta didik pada indikator menulis yaitu organisasi, isi, tata bahasa, tanda baca dan kosakata berada di atas KKM (70). Dari hasil penelitian maka disarankan guru bahasa Inggris bisa menggunakan Process Approach dalam pembelajaran menulis dan guru harus banyak menguasai metode-metode pembelajaran yang inovatif guna pengajaran yang lebih berkualitas. Kata Kunci : Process Approach, Minat, Menulis dan Recount Text