KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN PADA ORGANISASI DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DI JAWA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan komitmen pada organisasi dengan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jawa Timur. Penelitian ini melibatkan 97 karyawan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional, skala komitmen organisasi dan skala kualitas pelayanan. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis nonparametrik Rho Spearman. Hasil analisa data penelitian dengan menggunakan teknik analisis nonparametrik Rho Spearman menunjukkan hasil korelasi antara kecerdasan emosional dengan kualitas pelayanan diperoleh hasil Rho = 0,796 dengan p = 0 (p<0,01) yang artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan kualitas pelayanan pada karyawan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Korelasi antara komitmen organisasi dengan kualitas pelayanan diperoleh hasil Rho = 0,068 dan p = 0,511 (p>0,05) yang artinya tidak ada hubungan antara komitmen organisasi dengan kualitas pelayanan pada karyawan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Kata kunci : kualitas pelayanan, kecerdasan emosional, komitmen organisasi