PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MARUGAME UDON TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Abstract
Kajian ini memiliki tujuan dalam melihat adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada outlet Marugame Udon Tunjungan Plaza Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada kajian ini yakni kuesioner. Jenis penelitiannya yaitu deskriptif kuantitatif memakai teknik pengambilan sampel metode Incidental sampling. Dengan Metode ini siapa yang ditemui (didapat) oleh peneliti, dialah yang menjadi subjek dalam penelitian tersebut. Diketahui populasi 233 indidu, sehingga dengan menggunakan rumus Slovin maka peneliti menarik sampel sebesar minimal 147 responden yang diperkirakan bisa mewakili populasi itu. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis secara metode statistic, yakni dalam memakai regresi berganda yang pengelolahannya dijalankan secara program (SPSS) versi 22 for windows. Agar menerangkan gamabarakan kajian yang berhubungan pada hipotesis analisis secara memamaki uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi sederhana.
Hasil pengujian menunjukan pengaruh kualitas pelayanan pada kepuasaan customer. Melalui teknik analisis regresi sederhana menunjukan skor kualitas pelayanan sebesar F = 65,131 dengan P = 0. Tingkat signifikan P = 0 (p < 0,05) menunjukan jika 30,1 % ada pengaruh yang signifikan terhadap variabel X (kualitas pelayanan) bahkan variabel Y (kepuasan pelanggan)
Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, marugame udon tunjungan plaza Surabaya