Tayangan Media Elektronik, Media Sosial dan Agresivitas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara konsumsi Tayangan Media Elektronik, penggunaan Media Sosial dengan Agresivitas pada individu. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Surabaya. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian survai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi. Dari hasil analisis regresi antara variabel konsumsi Tayangan Media Elektronik (X1), penggunaan Media Sosial (X2) dengan agresivitas (Y) tersebut, diperoleh nilai F = 26,806; R = 0,571; p = 0.000 (p ≤ 0,01) dan memberikan sumbangan efektif secara total sebesar 32,569 %.
Setelah dilakukan analisis parsial antara variabel persepsi terhadap konsumsi Tayangan Media Elektronik (X1) dengan agresivitas (Y) diperoleh nilai r parsial 0,119; t = 4,785; p = 0.000 (p ≤ 0,01); dengan sumbangan efektif sebesar 31,668 %. Sedangkan variabel penggunaan Media Sosial (X2) dengan agresivitas (Y) menghasilkan nilai r parsial = 0,115; t = 2,722; p = 0.004 (p ≤ 0.01); dan memberi sumbangan efektif sebesar 0,901 %.