PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BORZO DELIVERY

  • NUGRAHA IQBAL FIRMANSYAH Universitas 45 Surabaya
  • FAHYUNI BAHARUDDIN Universitas 45 Surabaya
  • SETIA BUDHI Universitas 45 Surabaya

Abstract

ABSTRAK Komentar dari konsumen merupakan penentu dari sebuah bentuk kepuasan. Dari hal yang disajikan sangat kecil hingga besar menjadikan penentu layak tidaknya suatu benda atau jasa dipergunakan. Jasa pengiriman merupakan hal yang sudah lumrah dipergunakan pada era sekarang. Dengan tujuan untuk mempermudah manusia dalam aktifitasnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman Borzo Delivery.Rumusan Masalah Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman Borzo Delivery ?. Subjek dalam penelitian ini populasi sebanyak 268 pelanggan. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah pelanggan yang pernah menggunakan jasa pengiriman Borzo Delivery menggunakan sampel sebanyak 110 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman Borzo Delivery . Hal ini dilihat dari r empirik = 0,920 karena f empirik = 1250,116 > f tabel 5% (1,39) dan > f tabel 1% (1,59%), maka hipotesanya terbukti sedangkan > besar pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 92%. Dengan demikian uji hipotesa menyatakan bahwa terbukti lebih besar kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman Borzo Delivery. Kata kunci : Kualitas Pelayanan,Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Borzo Delivery.

Published
Aug 26, 2023
How to Cite
FIRMANSYAH, NUGRAHA IQBAL; BAHARUDDIN, FAHYUNI; BUDHI, SETIA. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BORZO DELIVERY. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 89-99, aug. 2023. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/412>. Date accessed: 01 sep. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30640/humanistik '45.v10i2.412.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>