PENGARUH PERSEPSI PANDEMI COVID 19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA KRISTEN KALAM KUDUS SURABAYA

  • Agata Sindya Gitaswari Universitas 45 Surabaya
  • Hayani Hayani Universitas 45 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar siswa di SMA Kristen Kalam Kudus Surabaya. Wabah Covid 19 yang berasal dari Wuhan Cina pada Desember 2019 telah menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dampaknya pada semua aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Sejak Maret 2020 pendidikan meniadakan belajar tatap muka dan menggantikannya dengan belajar daring, menggunakan komputer, laptop atau telepon sekuler. Metode penelitian pendekatan kuantitatif dilakukan pada 62 siswa SMA Kristen Kalam Kudus, dengan subjek penelitian 44 siswa, yaitu 28 siswa kelas 10 dan 16 siswa kelas 11. Alat pengumpul data berupa kuesioner persepsi pandemi covid 19 dengan 19 butir soal, dan motivasi belajar dengan 16 butir soal. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar sebesar 0,278 ( nilai R) dengan nilai R Square sebesar 0,077. Berdasarkan data ini, ternyata ada pengaruh pandemi covid 19 sebesar 7,7% terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi pandemi covid 19 berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa terbukti secara signifikan. Mengingat masih terdapat 92,3% faktor lain, sangat disarankan adanya penelitian untuk mengetahui pengaruh-pengaruh lain yang menurunkan motivasi belajar siswa.


 


Kata kunci : persepsi pandemi covid 19, motivasi belajar

Published
Aug 20, 2023
How to Cite
GITASWARI, Agata Sindya; HAYANI, Hayani. PENGARUH PERSEPSI PANDEMI COVID 19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA KRISTEN KALAM KUDUS SURABAYA. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1-12, aug. 2023. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/397>. Date accessed: 07 oct. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30640/humanistik '45.v11i1.397.