GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah seorang remaja SMP yang kecanduan game online memiliki tingkat psychological well–being yang tinggi. Psychological well–being yang dimaksud berhubungan dengan hubungan sosial, kesehatan fisik, pandangan masa depan. Pada penelitian terdapat tiga poin penting 1) Bagaimana remaja yang kecanduan game online dapat mencapai psychological well-Being; 2) Bagaimana seorang remaja yang kecanduan bermain game online memiliki prestasi yang baik di sekolah; 3) Bagaimana seorang remaja yang kecanduan game online memiliki pandangan atau gambaran terkait masa depannya. Penelitian dilakukan pada remaja berusia 12 – 16 tahun, duduk di bangku sekolah Menengah Pertama, suka bermain game online minimal 3 – 5 jam sehari, jumlah subjek yang digunakan dua orang berseta satu significan others. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang di peroleh dari penelitian yang di lakukan, menyatakan bahwa remaja yang kecanduan game tetap memiliki prestasi yang baik, hanya saja dalam hubungan sosial kedua subjek peneliti tidak mudah bersosialisasi. Serta seorang remaja yang kecanduan bermain game online, masih memiliki pandangan terhadap masa depannya seperti ingin menjadi dokter dan arsitek.
Kata Kunci: Psychological well–being, remaja, game online