PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA DI RW.13 KELURAHAN PUTAT JAYA SURABAYA
Abstract
Nastiti Indria Utami, 19130148, Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di RW. 13kelurahan Putat Jaya Surabaya, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas 45 Surabaya, Surabaya 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif. E-Commerce merupakan jenis perdagangan elektronik yang menghubungkan antara penjual dan pembeli yang terkoneksi dengan internet. Perkembangan teknologi dan kemudahan informasi saat ini memberikan pengaruhdalam kehidupan saat ini dimana media social saat ini bisa dijadikan sarana untuk jual beli secara online, tak hanya itu saat ini kemudahan untuk berbelanja juga sangat mendukung dengan adanya E-Commerce, dimana kegiatan belanja bisa dilakukan dimana saja dan bisa menjakau pembelian barang barang sampai luar pulau bahkan luar negri hanya dengan menggunakan jaringan internet dan menggunakan aplikasi E-Commerce.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adalah pengaruh E-Commerce pada Perilaku Konsumtif pada Remaja. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 remaja yang ada di kelurahan putat jaya, teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa E-Commerce tidak berpengaruh secara signifikan pada PerilakuKonsumtif dengan nilai Koefisien sebesat 7.5% hal ini menunjukan bahwa E -Commerce bukanlah salah satu aspek yang mempengaruhi Perilaku Kosumtif padaremaja di Kelurahan Putat Jaya.
Kata Kunci: E-Commerce, Perilaku Konsumtif