PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR DI UNIVERSITAS 45 SURABAYA

  • PRAFTIWI SETIYANINGSIH Universitas 45 Surabaya
  • NURUL HIDAYATI Universitas 45 Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring merupakan cara pembelajaran dengan menggunakan internet untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi atau bimbingan. Sedangkan motivasi adalah dorongan yang menyebabkan terjadinya suatu tindakan atau perbuatan, mahasiswa belajar karena adanya motivasi dalam diri untuk belajar. Fenomena alam yang mengharuskan metode pembelajaran dilakukan secara online dapat mempengaruh motivasi belajar mahsiswa karena adanya beberapa kendala ketika melakukan proses belajar, seperti susah signal, kuota internet kendala- kendala tersebutlah yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar melalui pendekatan kuantitatif, Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 70 responden mahasiswa. Teknik Analisa yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan pengaruh signifikan dengan hasil ( r = 0,168 dan p = 0,000
). Dapat dijelaskan bahwa pembelajaran daring mempengaruhi motivasi sebesar 16,8 % sedangkan sisanya 83,2 merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Published
Jun 4, 2022
How to Cite
SETIYANINGSIH, PRAFTIWI; HIDAYATI, NURUL. PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR DI UNIVERSITAS 45 SURABAYA. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 14-24, june 2022. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/354>. Date accessed: 27 oct. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30640/humanistik '45.v0i1.354.