KETERAMPILAN MENGERJAKAN ANALISIS TUGAS MERAWAT DIRI DAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN REMAJA USIA 12 TAHUN DAN 17 TAHUN DI SLB/BC SASANTI WIYATA SURABAYA

  • Isvi Wahmi Nur Aisyah Universitas 45 Surabaya
  • Siti Dina Zakiroh Universitas 45 Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dan bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Keterampilan Mengerjakan Analisis Tugas Merawat Diri dan Kemampuan Merawat Diri Anak Tunagrahita Ringan Remaja Usia 12tahun dan 17 tahun di SLB/BC Sasanti Wiyata Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada 2 subjek anak tunagrahita ringan usia 12tahun dan 17tahun, usia tersebut adalah masa transisi menuju dewasa dimana seharusnya sudah pada tahap kematangan bina diri. Bina Diri mengarah pada suatu kegiatan yang bersifat pribadi atau untuk individu itu sendiri, tetapi mempunyai dampak dan hasil yang sangat berguna.Disebut kegiatan yang bersifat pribadi karena mengandung pengertian bahwa keterampilan-keterampilan yang diajarkan atau dilatihkan menyangkut kebutuhan individu yang harus dilakukan sendiri tanpa dibantu oleh orang lain bila kondisinya memungkinkan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara terhadap Ibu Kandung masingmasing Subjek dan Guru Kelas Subjek. Dari hasil analisis yang telah dilakukan menghasilkan bahwa kedua subjek belum mampu dalam keduanya karena pemahaman yang belum matang. Hal tersebut terbukti dari kutipan wawancara yang disampaikan masing-masing Ibu Kandung Subjek dan didukung penguat dari pernyataan Guru Kelas Subjek. Kata kunci: keterampilan mengerjakan analisis tugas, merawat diri

Published
Sep 23, 2021
How to Cite
NUR AISYAH, Isvi Wahmi; ZAKIROH, Siti Dina. KETERAMPILAN MENGERJAKAN ANALISIS TUGAS MERAWAT DIRI DAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN REMAJA USIA 12 TAHUN DAN 17 TAHUN DI SLB/BC SASANTI WIYATA SURABAYA. Jurnal Humanistik, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1 - 14, sep. 2021. ISSN 2809-6290. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/196>. Date accessed: 08 sep. 2025.