HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA KAWUNG 2 SUARABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan kedisiplinan siswa di SMA Kawung 2 Surabaya Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Kawung 2 Surabaya yang berjumlah 133 siswa, sampel penelitian sejumlah 58 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan dari Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh menunjukkan skor korelasi persepsi dan motivasi belajar sebesar r = 0,202 dengan p = 0,127 berarti tidak ada hubungan antara konsep diri dengan kedisiplinan siswa di SMA Kawung 2 Surabaya. Kata kunci :konsep diri, kedisiplinan siswa