PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. CITRARAYA MANDIRI MOTOR SURABAYA

  • Muhammad Gufron Universitas 45 Surabaya
  • Ida Kusnawati Tj

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (H1), pengaruh variabel harga terhadap kepuasan pelanggan  (H2), pengaruh variabel fasilitas terhadap jepuasan pelanggan (H3). Dan pengaruh kualitas pelayanan, harga,dan fasilitas secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (H4). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Citraraya Mandiri Motor  yang berjumlah 30 responden yang diambil untuk mendapatkan data penelitian dengan menggunakan kuesioner.


Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk menguji keakuratan data dalam penelitian. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah metode regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan  berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (H1), pengaruh harga tidak terdapat pengaruhteradap kepuasan pelanggan (H2), pengaruh fasilitas tidak terdapat engaruh terhadap kepuasan pelanggan (H3), dan pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh secara simultan (H4)


 


Kata kunci :kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan pelanggan

Diterbitkan
Sep 24, 2020
##submission.howToCite##
GUFRON, Muhammad; TJ, Ida Kusnawati. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. CITRARAYA MANDIRI MOTOR SURABAYA. Jurnal Teknik Industri, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 31-40, sep. 2020. ISSN 2721-5431. Tersedia pada: <http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/industri/article/view/51>. Tanggal Akses: 17 agu. 2025