ANALISIS PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN PASIEN INSTALASI RAWAT INAP ( IRI ) DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Abstract
Masalah didalam penelitian ini adalah belum optimal nya pelayanan kesehatan, masih adanya keluhan pasien terhadap pelayanan yang ada, kurangnya sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, sistem administrasi (pembayaran) yang lama, ketidaksigapan perawat melayani pasien, persaingan diantara rumah sakit di sekitarnya..Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumen dan mengetahui kualitas pelayanan yang ada dengan menggunakan pendekatan metode Quality Function Deployment (QFD) dan House Of Quality (HOQ). Hasil penelitian diketahui atribut yang dianggap penting oleh konsumen, ditentukan bedasarkan bobot yang tertinggi dengan nilai bobot 15 yaitu, “kemampuan dokter dan perawat untuk cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien”, nilai bobot 14,66, “kenyamanan dan ketenangan lingkungan”, nilai bobot 14,45, “prosedur penerimaan pasien yang cepat dan tepat”.Nilai kualitas pelayanan yang ada di RSUD Aceh Tamiang dapat dilihat dari hasil kinerja pelayanan rumah sakit dengan hasil sebagai berikut : nilai tertinggi dengan nilai 3,43 % yaitu “tersedianya dokter umum dan spesialis”. Artinya, rumah sakit hanya dapat memberikan pelayanan yang maksimal dengan nilai rata-rata 3 (cukup baik).
Kata Kunci : Pelayanan, Quality Function Deployment, House Of Quality (HOQ)