Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

  • Avisca Ardiani Oktavia Universitas 45 Surabaya
  • Nur Ahlina Febriyati Universitas 45 Surabaya

Abstract

Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, berbagai konsep dan teknik baru dalam pengajaran
telah banyak dikembangkan untuk menggantikan metode pembelajaran konvensional. Aplikasi Android
dapat membantu para pengajar dalam mendistribusikan bahan ajar tanpa harus berada di kelas dengan
menggunakan internet, selain itu untuk memaksimalkan waktu pembelajaran juga, Sehingga peserta
didik dapat belajar dimana saja dan kapan saja.
Pengembangan sistem informasi dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan metode
pengumpulan data, studi literature dan metode pengembangan perangkat lunak. Untuk merancang dan
mendokumentasikan sistem perangkat lunak berdasarkan aliran data, digunakan metode perancangan
struktural dengan Inified Modeling Language atau yang biasa disebut UML. Aplikasi berbasis android
ini dibuat dengan menggunakan PHP, Java, Moodle. Program diuji dengan melakukan pengujian
program dengan memasukkan data-data yang telah ada secara langsung kepada user yang akan
menggunakan perangkat lunak ini.
Dengan adanya Aplikasi Android, diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar agar
lebih optimal. Memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran. Terlebih dengan
Aplikasi berbasis android dapat membuat peserta didik dapat mengakses matapelajaran, mengerjakan
soal-soal ujian dan mengumpulkan tugas yang diinginkan kapan saja dan dimana saja.


Kata Kunci: Aplikasi, Android, Activity Diagram, Class Diagram, Use Case Diagram, Sequence
Diagram Diagram

Published
Feb 12, 2024
How to Cite
OKTAVIA, Avisca Ardiani; FEBRIYATI, Nur Ahlina. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. , [S.l.], v. 11, n. 2, p. 131-135, feb. 2024. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/informatika/article/view/504>. Date accessed: 18 july 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30640/ejournalscroll.v11i2.504.