ANALISIS SEGMENTASI PASAR CALON MAHASISWA BARU INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA STIKOM SURABAYA

  • Henry Bambang Setyawan Universitas Dinamika - Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Tutut Wurijanto Universitas Dinamika - Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • A.B. Tjandrarini Universitas Dinamika - Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Abstract

Proses penerimaan mahasiswa baru (maba) pada Institut Bisnis dan Informatika
Stikom Surabaya (Stikom Surabaya) dilaksanakan oleh Bagian Marketing, dengan calon
maba adalah para siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. Proses
penerimaan maba diawali dengan serangkaian kegiatan promosi ke beberapa SMA atau
yang sederajat. Kegiatan promosi perlu didukung dengan data target segmen pasar siswa
SMA atau yang sederajat. Berdasarkan kegiatan promosi yang telah dilaksanakan, siswa
yang berminat melanjutkan pendidikan di Stikom Surabaya dapat memperoleh informasi
tentang pendaftaran dan penerimaan maba melalui Guru Bimbingan Konseling (BK)
sekolah, situs penerimaan maba, atau datang langsung ke counter penerimaan maba Stikom
Surabaya. Berdasarkan data siswa yang mendaftar, dapat diketahui latar belakang calon
maba Stikom Surabaya yang dapat dikelompokkan berdasarkan segmentasi geografis yaitu
pembagian wilayah provinsi dan berdasarkan segmentasi demografis seperti asal sekolah,
status sekolah, asal jurusan sekolah, status sosial ekonomi orang tua, dan lain-lain. Hasil
analisis segmentasi pasar berdasarkan segmentasi geografis menunjukkan bahwa sebagian
besar calon maba berasal dari Provinsi Jawa Timur (89%). Untuk segmentasi demografis,
sebagian besar asal jurusan sekolah maba adalah IPA (43%), sebagian besar status asal
sekolah maba adalah SMA Negeri (33%) dan SMA Swasta (31%), sebagian besar jenis
pekerjaan orang tua maba adalah Pegawai Swasta (43%), dan sebagian besar penghasilan
orang tua maba adalah penghasilan antara Rp 2 juta – 4 juta (33%).
Kata kunci: calon mahasiswa baru, segmen pasar, segmentasi geografis, segmentasi
demografis.

Published
Mar 28, 2023
How to Cite
SETYAWAN, Henry Bambang; WURIJANTO, Tutut; TJANDRARINI, A.B.. ANALISIS SEGMENTASI PASAR CALON MAHASISWA BARU INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA STIKOM SURABAYA. Jurnal Teknik Informatika, [S.l.], v. 5, n. 02, p. 1 - 8, mar. 2023. ISSN 2829-3304. Available at: <https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/informatika/article/view/333>. Date accessed: 17 aug. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30640/ejournalscroll.v5i02.333.