Sistem Antrian Elektronik Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pelayanan Koperasi
Abstract
Pelayanan kepada Anggota merupakan proses bisnis utama dalam sebuah koperasi. Pelayanan
yang baik akan memberikan kepuasan kepada Anggota. Salah satu upaya meningkatkan layanan
koperasi adalah dengan mengimplementasikan sistem antrian elektronik (SAE). SAE yang
diterapkan saat ini masih belum bisa menangani masalah antrian yang dipending dan diteruskan
ke petugas lain sesuai kebutuhan alur proses bisnis. Penelitian ini mengusulkan SAE yang dapat
digunakan untuk melakukan pengambilan tiket antrian, menampilkan data antrian secara
interaktif, melakukan pemanggilan antrian dan mengalihkan antrian sesuai dengan alur proses
bisnis. Anggota dapat mengetahui informasi kondisi antrian secara realtime dan Petugas dapat
mengatahui data Anggota yang akan menggunakan layanan sehingga mempercepat proses
layanan yang akhirnya dapat meningkatkan layanan kepada Anggota.
Kata Kunci: Anggota, Sistem Antrian Elektronik, Multimedia, informasi real time