Pengembangan Aplikasi Administrasi Kehadiran Kerja dan Lembur Karyawan pada Perusahaan Conveyor
Abstract
Saat ini, proses administrasi kehadiran kerja dan lembur karyawan pada suatu perusahaan
conveyor masih menggunakan buku catatan kehadiran yang dicatat oleh Bagian Sumber Daya
Manusia (SDM). Pada buku tersebut, terdapat tabel berisi nama karyawan dan tanggal kehadiran
kerja, tanpa data jam masuk dan jam pulang yang dapat menentukan karyawan tersebut hadir tepat
waktu atau tidak. Untuk izin dan cuti karyawan, Bagian SDM mencatat pada buku terpisah,
sedangkan untuk jadwal lembur, disampaikan secara lisan kepada karyawan yang mendapat tugas
lembur. Kondisi ini menyulitkan Bagian SDM dalam pembuatan laporan setiap periode tentang
kehadiran dan lembur karyawan karena harus melakukan pengecekan pada buku berbeda. Selain
itu pembuatan laporan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan menggunakan
aplikasi. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat aplikasi administrasi kehadiran kerja dan
lembur karyawan berbasis web yang dapat menyimpan data karyawan, jadwal kerja, jadwal
lembur, dan data lain yang terkait secara terintegrasi. Selain itu, karyawan dapat melakukan
proses pencatatan kehadiran secara mandiri, mengecek jadwal lembur, dan melihat rekap
kehadiran. Bagian SDM dapat mengetahui karyawan hadir tepat waktu atau tidak melalui aplikasi,
menjadwalkan lembur, dan mengisi izin/cuti karyawan. Aplikasi ini dapat menghasilkan laporan
rekap kehadiran kerja dan lembur karyawan pada periode tertentu, yang dapat digunakan sebagai
bahan evaluasi oleh Bagian SDM untuk pemantauan kinerja karyawan.
Kata Kunci: aplikasi, administrasi, kehadiran karyawan, jadwal kerja, jadwal lembur