Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Terbaik
Abstract
Team X-Gate Esport Surabaya merupakan team esport yang memiliki berbagai divisi disetiap
gamenya. Pada divisi Mobile Lagend Bang-bang, proses pemilihan pemain yang ideal masih dilakukan
secara manual yaitu dengan memberi persyaratan untuk dapat mengikuti seleksi kemudian dalam proses
seleksi, kemampuan pemain dinilai hanya dengan melihat kemampuan individu lalu membandingkan
pemain satu dengan pemain lainnya tanpa mempertimbangkan komunikasi dan kekompakan tim. Seleksi,
waktu yang diperlukan dalam proses penyeleksian relatif lebih lama, dan keputusan yang diambil sering
dipengaruhi faktor subjektifitas dari pengambil keputusan, sehingga sering terjadinya kesalahan dalam
proses pemilihan pemain. Kesalahan dalam memilih pemain sangat besar dampaknya bagi team karena
dapat menyebabkan kekalahan beruntun (lose streak) disetiap kompetisi yang diikuti.
Adapaun Metodologi yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan
melakukan wawancara, Kuesioner, studi dokumen dan studi literatur. Sedangkan metode yang digunakan
dalam membangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Terbaik Team Esport Divisi Game
Mobile Legend Bang-Bang Menggunakan Metode Saw-Topsis
Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi system pendukung keputusan Pemilihan Pemain Terbaik
Team Esport Divisi Game Mobile Legend Bang-Bang Menggunakan Metode Saw-Topsis secara sistematis
dan memiliki keakuratan dan ketepatan yang baik.
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, AHP dan TOPSIS