APLIKASI PENINGKATAN JANGKAUAN PASAR PRODUK PADA CV SAMACO
Abstract
CV Samaco adalah perusahaan yang beralamat di daerah Gedangan, Sidoarjo dan
bergerak pada bidang kontraktor umum sejak tahun 1973. Saat ini CV Samaco masih
memasarkan produknya secara manual dengan menunjukkan foto hasil jadi produk kepada
konsumen saat konsumen berada di CV Samaco. CV Samaco juga masih memberikan
informasi terkait proses pembuatan produk yang dipesan oleh konsumen melalui telepon. Hal
ini menimbulkan permasalahan terhadap konsumen yang ingin memesan produk pada CV
Samaco tidak mengetahui kualitas produk buatan CV Samaco dan konsumen tidak mengetahui
proses pesanan sampai tahap apa. Dari permasalahan di atas, maka solusi yang dibuat yaitu
aplikasi peningkatan jangkauan pasar produk berbasis web yang dapat membantu
mempromosikan produk buatan CV Samaco pada halaman beranda web dengan
menggunakan filter gambar produk hasil jadi kepada konsumen dan melakukan tracking pada
pesanan konsumen. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan bersama dengan pihak CV
Samaco aplikasi dapat digunakan sebagai penyampaian informasi terkait pesanan konsumen
sudah sampai pada tahapan pengerjaan yang mana dengan memasukkan nomor nota
(tracking) dan aplikasi juga dapat melakukan filter pada gambar hasil produk yang sudah
jadi pada halaman beranda web.
Kata Kunci: Aplikasi, web, Jangkauan Pasar, Tracking, Filter, CV Samaco