PEMBUATAN PERANGKAT AJAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA PAUD
Abstract
Lembaga pendidikan untuk anak usia dini (PAUD) menyelenggarakan
kelas Kelompok Belajar(KB) dan Taman Kanak-kanak (TK). Dalam proses
pembelajarannya KB dan TK biasanya menggunakan metode bermain sambil
belajar. Dalam proses pembelajaran, khususnya untuk pengenalan huruf dan angka
umumnya masih menggunakan cara kovensional yaitu bercerita dengan alat bantu
buku cerita dan gambar. Cara tersebut selain kurang variatif juga cenderung
membosankan, sehingga materi menjadi kurang bisa dipahami oleh siswa. Agar
proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami siswa maka
diperlukan perangkat ajar yang lebih variatif dan lebih menarik, yang merupakan
kombinasi gambar, suara dan video, yaitu peragkat ajar berbasis multimedia.
Pengembangan sistem dimulai dengan cara melakukan pengamatan secara
langsung terhadap proses pembelajaran PAUD, mengumpulkan dan mempelajari
materi-materi pembelajaran dan soal evaluasi yang digunakan, melakukan
wawancara secara langsung kepada guru-guru PAUD, dilanjutkan dengan analisis,
desain sistem dan implementasi.
Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi perangkat ajar berbasis multimedia
untuk siswa PAUD, yang dijabarkan secara detail pada sistem ini yang meliputi
pengenalan huruf dan pengenalan angka dalam bentuk gambar, suara dan video,
yang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan
mudah dipahami.
Kata kunci :
Pembelajaran, Perangkat ajar, multimedia
