ANALISIS PERSAINGAN COFFEE SHOP DI BALIKPAPAN BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN FACTOR ANALYSIS
Abstract
Kedai kopi saat ini terus bertambah dan menjadi tren seiring dengan peminat dan pecinta minuman kopi yang juga semakin banyak. Untuk memperlancar penjualan dan proses bisnis, pihak manajemen kedai kopi perlu memahami persepsi konsumen sehingga kedai yang dibuka jadi relevan dan terus menghasilkan keuntungan. Penelitian ini mengambil 3 franchise coffee shop yang ramai pengunjung yaitu, Kopi Hitman, Kopi Janjiw, dan Kopi Kai yang ada di kawasan Grand City Balikpapan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi konsumen dari 3 coffee shop tersebut yang membuat mereka datang dan memilih coffee shop tersebut. Studi ini menggunakan Multidimensional Scaling dari hasil kuesioner kepada 90 responden di masing-masing dari 3 coffee shop tersebut untuk mengetahui posisi persaingan ketiga coffee shop tersebut berdasarkan 10 variabel persepsi penilaian sebagai faktor, kemudian faktor-faktor yang menyebabkan coffee shop tersebut ramai direduksi dengan Factor Analysis untuk mendapatkan faktor utamanya. Hasil yang didapatkan berdasarkan MDS adalah Kopi Kai menduduki posisi persaingan pertama, Kopi Hitman kedua, dan Kopi Janjiw ketiga, serta faktor utama yang membuat banyak konsumen memilih 3 coffee shop tersebut adalah kualitas menu, kenyamanan/fasilitas yang tersedia, serta luas area. Hasil ini dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan oleh manajemen coffee shop jika ingin membuka gerai baru.
Kata Kunci : analisis faktor, kedai kopi, multidimensional saling, persepsi konsumen