PENGARUH PROGRAM PROMOSI BERBASIS WISATA EDUKASI MELALUI KEGIATAN WORKSHOP PROSES PEMBUATAN PRODUK OLAHAN LAUT DENGAN PENDEKATAN STRATEGI CRM TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI SENTRA IKAN BULAK (SIB) KENJERAN
Abstract
Sentra Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air diharapkan mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih cepat di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Namun terdapat beberapa tantangan yang saat ini dihadapi oleh sentra UMKM Indonesia dalam bersaing adalah lemahnya kegiatan branding dan promosi serta penetrasi pasar Domestik. Seperti halnya tantangan yang di hadapi Sentra Ikan Bulak (SIB) sebagai salah satu sentra UMKM di Kota Surabaya kawasan pesisir Kenjeran yang dijadikan pusat pengolahan dan pemasaran hasil laut. Saat ini kondisi Sentra Ikan Bulak (SIB) relatif sepi pembeli.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Strategi CRM (Customer Relationship Management) melalui Program Promosi Berbasis Wisata Edukasi melalui kegiatan Workshop proses pembuatan produk hasil olahan laut, sehingga diharapkan SIB Kenjeran dikenal luas oleh masyarakar Surabaya serta mampu menarik minat konsumen untuk mengunjungi SIB Kenjeran, maka selanjutnya berdampak pada peningkatan penjualan. Dalam Penelitian ini didapatkan Model Pengukuran Pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan, menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dan Pengujian Hipotesis, dengan membandingkan data penjualan produk SIB Kenjeran tahun lalu dengan tahun Pelaksanaan Program Promosi. Serta dianalisa juga tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Promosi Berbasis Wisata Edukasi dengan harapan mampu memberikan nilai tambah pada Sentra Ikan Bulak Kenjeran (SIB) Kenjeran, dan digunakan sebagai dasar acuan rekomendasi agar promosi berbasis Wisata Edukasi dapat di kembangkan secara berkelanjutan yang terintegritas dengan lembaga-lembaga pendidikan (Sekolah dan Perguruan Tinggi).
Katakunci: Strategi CRM (Customer Relationship Management), Promosi, Wisata Edukasi, Workshop.