Kriteria Pemilihan Pemasok Menggunakan Analytic Network Process

  • Manik Ayu Titisari Universitas Kartini Surabaya

Abstract

Pemilihan pemasok adalah hal sangat penting dalam sebuah industri. Memilih pemasok berdasarkan penawaran harga terendah sudah tidak efisien lagi. Kesalahan memilih pemasok akan merugikan perusahaan karena berkaitan dengan peran pemasok sebagai penyedia bahan baku maupun bahan pendukung yang digunakan dalam proses produksi.


CV Ratu Pisang yang bergerak di bidang produksi sale pisang, memperoleh bahan baku berupa pisang raja dari beberapa pemasok yang dipilih berdasarkan spesifikasi produk. Pengambilan keputusan pemilihan pemasok yang dilakukan perusahaan selama ini bersifat intuitif, dan cenderung hanya mempertimbangkan segi harga. Sedangkan di era persaingan yang makin ketat, perusahaan juga dituntut memperhatikan kualitas, kuantitas, pelayanan, dan lain-lain. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki sistem evaluasi pemilihan pemasok dimana kriteria yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan, obyektifitas, dan keberadaan sumber daya perusahaan. Hasil observasi menyatakan bahwa kriteria yang digunakan perusahaan mempunyai hubungan keterkaitan satu sama lain, sehingga metode yang tepat untuk digunakan adalah ANP (Analytic Network Process).


Dalam penelitian ini ANP digunakan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan pembobotan kriteria yang diperlukan dalam mengevaluasi pemilihan pemasok. Hasil dari pembobotan ini dapat digunakan sebagai input dalam menyusun strategi rantai pasok khususnya pemilihan pemasok yang akan digunakan dalam jangka panjang.


 


Kata kunci : Analytic Network Process, Kriteria, Bobot, Rantai Pasok

Published
Sep 1, 2019
How to Cite
TITISARI, Manik Ayu. Kriteria Pemilihan Pemasok Menggunakan Analytic Network Process. Jurnal Teknik Industri, [S.l.], v. 22, n. 2, p. 1-10, sep. 2019. ISSN 2721-5431. Available at: <http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/industri/article/view/2>. Date accessed: 16 aug. 2025.