Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Dua Di SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

Siti Dina Zakiroh

Sari


Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika pada kelas dua di SMA Hang Tuah 2 sidoarjo khususnya pelajaran matematika saja. Populasi berjumlah 400 siswa dan sampelnya berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional incidental sampling.

Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. melalui teknik analisis regresi umum untuk mengukur signifikan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika diperoleh F emprik. Menggunakan db=1 dan db=78 dengan taraf signifikan 5% dan 1 %, pada F tabel terhadap nilai F teoritik 1,47 dan 1,74. berdasarkan F tersebut dapat dibuktikan bahwa F empirik lebih besar dari F teoritik dan p= 0,044, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi variabel x sangat signifikan terhadap variabel y.

Analisis korelasi dapat dilanjutkan dengan menghitung koeisien determinasi, dengan cara mengkuadratkan koefisien yang ditemukan. Jadi koefisien korelasi (r) variabel motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika adalah 0.05, hal ini bisa diartikan nilai D yaitu koefisien determinasi yang dihasilkan adalah (r²) = 0.05 x 100% ( 5%) sehingga bisa diartikan bahwa korelasi faktor motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 5% sedangkan faktor – faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berkolerasi sebesar 95%. Dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk di dalam  penelitian yaitu ; faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah yang timbul dari dalam diri siswa seperti kecerdasan, bakat, minat, perhatian motivasi, strategi belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersumber dari luar diri siswa, terdiri dari : lingkungan, sekolah, guru dan keluarga.

Kata kunci : motivasi belajar , prestasi belajar


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.