Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Karyawan Marketing Di Bank X Surabaya

Fahyuni Baharuddin

Sari


Telah banyak penelitian maupun penulisan tentang hubungan antara motivasi dengan kinerja karyawan. Yang memberi suatu perbedaan pada penelitian kali ini adalah tentang subjek penelitian, dimana dilakukan disalah satu perbankan swasta dengan fokus pada karyawan marketing.  Karyawan marketing bekerja dengan target yang telah ditentukan dan tentu saja rata-rata mereka bekerja dibawah tekanan yang sangat tinggi. Para karyawan marketing tanpa kenal lelah mengingatkan manajemenuntuk lebih berorientasi pada pelayanan customer dahulu baru kemudian berorientasi pada produksi.

Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja karyawan marketing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi kerja unutk mengungkap tingkat motivasi kerja karyawan, sedangkan kinerja diungkap melalui hasil penilaian prestasidari tempat kerja karyawan yang didasarkan pada besarnya omzet penjualan yang diperoleh dalam bekerja.

Pengujian terhadap hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi dan menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja, semakin tinggi motivasi kerja karyawan semakin baik kinerjanya, nilai r = 0,667; p = .000 ( p<0.01). Sumbangan variabel motivasi kerja terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 35,533%. Penelitian ini mendukung penelitiansebelumnya yang dilakukan olehHurtz & Donovan (2000) dan Barrick (2002)

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan Marketing


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.