HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA KELAS X DI SMA GEMA 45 SURABAYA

  • Fithriah Diniatur Rochmi Universitas 45 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dengan disiplin diri. Berdasarkan observasi yang dilakukan, ditemukan beberapa masalah dalam kurangnya disiplin diri siswa, antara lain bermain ponsel dikelas, tidak mendengarkan guru, terlambat dating ke sekolah, dan masih banyak yang lainnya. Ada berbagai cara yang digunakan untuk mengatasi masalah kedisiplinana tersebut, salah satunya adalah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan karakter yang baik pada siswa salah satunya adalah sikap disiplin diri. Dengan mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka, siswa diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dirinya. Penelitian ini dilakukan pada 60 siswa yang wajib mengikuti kegiatan pramuka itu sendiri. Alat pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner, analisanya dilakukan dengan teknik statistic korelasi product moment dengan bantuan spss. Dari hasil analisa diperoleh koofisien korelasir xy sebesar 0,263 dengan nilai p = 0,042 ,dengan arah hubungan positif. Karena nilai p empirik (0,042) < 0,05 , dan karena nilai rxy empirik = 0,263 > dari rxy table dengan tingkat signifikansi 5 % (0,254), maka disimpulkan bahwa hubungan variabel X dan varibel Y tergolong signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dengan kedisiplinan siswa kelas X di SMA Gema 45 Surabaya” diterima.


 Kata kunci :Keaktifan Pramuka, Disiplin Diri, SMA Gema 45 Surabaya

Published
Apr 27, 2021
How to Cite
ROCHMI, Fithriah Diniatur. HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA KELAS X DI SMA GEMA 45 SURABAYA. , [S.l.], v. 4, n. 1, p. 30-43, apr. 2021. Available at: <http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/sinaupsi/article/view/442>. Date accessed: 20 july 2025.
Section
Articles