STUDI PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK YANG MENDAPATKAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE “KUBACA” DAN METODE “AYO MEMBACA” SEBAGAI SARANA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK xxx
Abstract
Membaca adalah bekal seorang anak untuk menerima pendidikan dan materi di sekolah dasar. Menurut Slavin membaca bukanlah kegiatan pembelajaran yang
mudah, terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan anak dalam membaca. Masing-masing anak dipandang sebagai orang yang unik dengan pola dan waktu pertumbuhan masing-masing. Tingkat perkembangan dan gaya belajar yang berbeda dalam mempelajari kemampuan menulis, membaca, mengeja sudah dapat diperkirakan. TK Al-Madani telah menerapkan dua metode membaca yang masih belum diketahui mana yang lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan usia perkembangan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan pada
anak yang mendapatkan pembelajaran dengan metode “Kubaca” dan yang mendapatkan pembelajaran dengan metode “Ayo membaca” di Taman Kanakkanak
Al-Madani Sukodono-Sidoarjo. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK A pada tahun 20132014 yang menggunakan metode “Kubaca” dan siswa TK A pada tahun 20142015 yang menggunakan metode “Ayo membaca”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan design Non-randomized posstest control group design. Subjek penelitian berjumlah 24 anak untuk TK A tahun 20132014 sebagai kelompok eksperimen dan 30 anak untuk TK A tahun 2014-2015