PERBEDAAN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK YANG BERSERTIFIKAT DAN TIDAK BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL DI KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA III

  • Eva Fitortin Nida Universitas 45 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja guru Taman Kanak-kanak yang bersertifikat dan tidak bersertifikat pendidik profesional di Kecamatan Dukuh Pakis BPS Surabaya III. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal-komparatif karena dalam penelitian ini tidak ada perlakuan dan pengendalian terhadap variabel bebas secara langsung serta semua peristiwa telah terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK yang berada di Kecamatan Dukuh Pakis BPS Surabaya III, pengambilan sampel menggunakan Probabilitas Sampling dengan teknik random (sampling acak). Dengan menggunakan rumus dari Taro Yamane didapatkan 60 guru yang terdiri dari 30 guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik profesional dan 30 guru yang belum mendapat sertifikat pendidik profesional untuk menjadi sampel penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kinerja guru antara guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik profesional dan guru yang belum mendapat sertifikat pendidik profesional di Kecamatan Dukuh Pakis BPS Surabaya III. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket kinerja guru. Guna menguji hipotesis, digunakan teknik analisis data uji beda Independent Sample t-Test. Hasil analisa data diperoleh nilai sig (2tailed) sebesar 0,942 (p > 0,05) sehingga hipotesisi penelitian ditolak. Artinya, tidak ada hubungan yang positif dan signifikan anatara kinerja guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik profesional dan guru yang belum mendapat sertifikat pendidik profesional di Kecamatan Dukuh Pakis BPS Surabaya III.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Sertifikasi

Published
Oct 18, 2023
How to Cite
NIDA, Eva Fitortin. PERBEDAAN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK YANG BERSERTIFIKAT DAN TIDAK BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL DI KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA III. , [S.l.], v. 1, n. 1, p. 56-69, oct. 2023. Available at: <http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/sinaupsi/article/view/427>. Date accessed: 20 july 2025.
Section
Articles