ROLE PLAYING UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMP GEMA 45 SURABAYA
Abstract
Perilaku agresif pada siswa menjadi suatu masalah serius di lingkungan sekolah. Role playing merupakan salah satu cara untuk mengatasi perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penanganan perilaku agresif pada siswa dengan teknik role playing dan mengetahui efektifitas penanganan teknik role playing dalam mengatasi perilaku agresif pada siswa SMP Gema 45 Surabaya. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi dan wawancara untuk pengumpulan data. Teknik role playing diharapkan siswa dapat mengerti serta memahami perasaan orang lain. Penelitian ini mengangkat tentang perilaku agresif salah satu siswa di SMP Gema 45 Surabaya. Subjek melakukan perilaku agresif verbal yaitu dengan menghina siswa lain dengan sebutan yang tidak pantas. Setelah subjek menerima penanganan dengan terapi role playing, subjek merasakan di posisi temannya yang mendapatkan hinaan, sehingga teknik role playing cukup efektif untuk menangani perilaku agresif pada siswa SMP Gema 45 Surabaya.
Kata Kunci: role playing, perilaku agresif