STRATEGI PEMASARAN UMKM LELY GORDEN INTERIOR DENGAN METODE SOAR DALAM RANGKA PENINGKATAN DAYA SAING

  • Salsa Dewi Anjani Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • I Gusti Ayu Sri Deviyanti Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Jeshua Dominick Kobstan Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis UMKM Lely Gorden dengan menggunakan metode SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results), yang berfokus pada aspek positif dan potensi pengembangan yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha, penelitian ini mengidentifikasi berbagai kekuatan internal, seperti kualitas produk dan pelayanan pelanggan, serta peluang eksternal, seperti meningkatnya minat terhadap desain interior dan potensi pasar melalui media sosial. Selain itu, penelitian ini juga menggali aspirasi jangka panjang perusahaan untuk menjadi merek premium dan memperluas pasar. Berdasarkan analisis matriks SOAR, ditemukan empat strategi alternatif yang dapat diterapkan untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada guna mencapai aspirasi tersebut. Strategi-strategi ini meliputi peningkatan pengenalan merek dan ulasan positif dari pelanggan, yang memberikan landasan kuat bagi UMKM Lely Gorden untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan mencapai tujuan bisnis yang lebih besar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam membantu UMKM mengidentifikasi potensi yang ada dan merumuskan strategi pengembangan bisnis yang lebih terarah dan terukur.

Published
Oct 28, 2025
How to Cite
ANJANI, Salsa Dewi; SRI DEVIYANTI, I Gusti Ayu; KOBSTAN, Jeshua Dominick. STRATEGI PEMASARAN UMKM LELY GORDEN INTERIOR DENGAN METODE SOAR DALAM RANGKA PENINGKATAN DAYA SAING. Jurnal Teknik Industri, [S.l.], v. 28, n. 02, p. 38-52, oct. 2025. ISSN 2721-5431. Available at: <http://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/industri/article/view/601>. Date accessed: 02 nov. 2025.